Perubahan Iklim dari Sudut Pandang Lain


Krisis Iklim dari Sudut Pandang Lain

Kita semua sangat menyadari bahwa perilaku manusia yang merusak lingkungan dan perubahan Matahari mempengaruhi iklim Bumi dalam berbagai cara. Menurut ramalan, pada tahun 2010 iklim Bumi akan mengalami perubahan besar karena ledakan hebat titik Matahari. Juga telah diramalkan bahwa iklim akan menyebabkan krisis minyak, atau sejenis guncangan minyak. Karena itu, kesadaran seluruh dunia tentang pemanasan global sangat dibutuhkan.

Kita seharusnya mulai mengubah cara hidup kita sekarang. Kita harus berubah. Kita harus. Itulah satu-satunya cara agar kita dapat menyelamatkan diri kita, planet kita, seluruh dunia, dan seluruh makhluk di dalamnya; karena seperti pepatah India kuno yang mengatakan, “Negara manapun yang mempunyai 10 orang berbudi di mata Surga, maka negara itu tidak akan dihancurkan.”

Jadi, apa artinya dengan 10 orang berbudi? Itu berarti orang yang menjadi manusia seutuhnya: Ia penuh cinta kasih, ia terangkat secara spiritual, ia tanpa pamrih, dan tidak mementingkan diri sendiri. Ia melayani orang lain dan mengingat Tuhan. Untuk melakukan hal tersebut, kita agak jauh. Jadi, jika kita sungguh ingin menyelamatkan dunia, itulah satu-satunya cara yang dapat kita lakukan. Kalau tidak, bahkan jika kita menggali lubang di gunung atau di bawah tanah untuk menghindari panas Matahari, atau jika kita naik ke atas gunung untuk menghindari kenaikan permukaan laut, tetapi tetap ada malapetaka lainnya yang akan datang ke arah kita. Karena kita mengetahui dengan jelas bahwa “Apa yang kau tabur, itulah yang kau tuai.”

Jadi, sekarang kita kembali ke pepatah kuno di India bahwa 10 orang yang berbudi tinggi dapat menyelamatkan sebuah negara. Bagaimana kita melakukan ini? Di masa lampau, suatu negara lebih kecil dari yang ada sekarang dan 10 orang di setiap negara seharusnya sudah cukup. Tetapi untuk komunitas kita yang meluas saat ini, kita memerlukan lebih dari 10 orang dalam sebuah komunitas, itu tergantung juga pada populasinya. Jakarta, sebagai contoh, kita sebut sebagai sebuah negara di masa lampau.

Jadi, kita harus mengubah sifat kita lebih cepat daripada yang kita lakukan sekarang. Sangatlah baik jika pemerintah, selebriti, orang-orang terkemuka, dan organisasi-organisasi mulai menaruh perhatian dan mencoba untuk menyelamatkan planet serta menghentikan pemanasan global. Tetapi mungkin kita seharusnya lebih cepat dan mengambil tindakan yang lebih banyak: Pola makan vegetarian adalah nomor satu. Energi hijau adalah nomor dua. Penghijauan adalah nomor tiga. Itu hanya tiga langkah, sebenarnya, hanya langkah-langkah bayi dan semoga setiap orang mau melakukannya. Itu tidak begitu sulit. Itu hanya kebiasaan-kebiasaan yang harus kita ubah, itu saja.

Penyebab Bencana Alam

Jika kita melihat pada tahun-tahun belakangan ini, banyak terjadi bencana-bencana alam. Menurut hasil penelitian PBB dan laporan-laporan para ilmuwan, 9 dari 10 bencana saat ini disebabkan oleh pemanasan global. Kita mengalami lebih banyak bencana saat ini, dan itu sangat menyedihkan. Kita semua harus terus mencoba untuk memberitahu setiap orang akan dampak dari perubahan iklim untuk meminimalkannya.

Sebenarnya, kita semua berharap tidak ada bencana lagi. Kita semua berharap bahwa umat manusia memutuskan saat ini untuk menghentikan kebiasaan yang tidak perlu dan berubah menuju gaya hidup yang lebih baik, ramah lingkungan, dan mulia. Lalu, kita tidak perlu khawatir tentang akibatnya. Dengan demikian iklim dapat diubah lebih baik, kita dapat terus hidup dan memiliki planet ini.

Bagaimanapun, banyak orang yang memiliki pengetahuan yang sedikit tentang pemanasan global. Meskipun mereka mengetahui situasinya, tetapi mereka memiliki banyak halangan untuk melaksanakan teorinya ke dalam praktik. Jadi para pemerintah dan media seharusnya mencoba untuk menyadarkan masyarakat akan perlunya untuk mengurangi gas-gas rumah kaca.

Penyebab Perubahan Iklim adalah Sifat Negatif Kita

Secara fisik, kita sebenarnya dapat melihat segala bukti nyata yang telah dilaporan Perserikatan Bangsa Bangsa serta bukti ilmiah dari para ilmuwan bahwa kita harus mengurangi daging sebagai penyebab utama pemanasan global.

Kita semua dapat melihat bahwa kita akan menghadapi masa depan yang suram jika kita tidak berubah. Kita harus menyelesaikan dari akar permasalahnya. Akar permasalahnya adalah penyebab pemanasan global, dan akar permasalahannya adalah sifat negatif kita terhadap sesama penghuni Bumi kita. Setiap tindakan menghasilkan reaksi; ini sangat ilmiah. Jika kita menabur biji apel maka kita akan mendapatkan pohon apel, dan setelah beberapa waktu pohon apel itu akan berbuah apel untuk kita. Ini adalah siklus kehidupan. Jika kita membunuh, kita tidak dapat mengharapkan kehidupan dari hal tersebut. Setiap tindakan menghasilkan buah yang sama sesudahnya. Ini bukan agama yang berbicara; ini adalah hukum alam. Jadi sekarang, akar permasalahnya adalah kita telah berbuat kejam terhadap sesama penghuni Bumi: yang hidup, punya perasaan, dapat berjalan, dapat bergerak, makhluk yang penuh kasih seperti para hewan dari semua ukuran dan bentuk. Dan kita juga telah bertindak buruk terhadap lingkungan kita, kita telah merusak lingkungan kita seperti penggundulan hutan, merusak air, dan merusak udara. Dari semua tindakan ini, kita tidak dapat mengharapkan hasil yang baik.

Selain itu, misalkan saja perkembangan ilmiah, teknologi, teknik pertanian, atau adaptasi terhadap perubahan iklim berhasil, tetapi semua itu tidak akan dapat berjalan untuk jangka waktu yang lama jika standar moral kita tidak naik sampai pada standar moral manusia yang seharusnya. Kita harus mengubah kehidupan kita. Kita harus. Semua ajaran agama mengatakan kepada kita bahwa kita harus kita harus mempunyai kasih terhadap sesama, ini juga termasuk para hewan. Itu saja. Sangat mudah. Sayangilah tetangga Anda, sayangilah setiap orang, dan sayangilah para hewan. Ketika kita mengasihi, kita tidak melukai. Ketika kita mencintai, kita tidak membunuh. Satu-satunya agama adalah cinta kasih. Satu-satunya penyelesaian yang mudah adalah cinta kasih, itu saja.

Kita harus bertobat dan berdoa untuk berkah surga. Kita harus meminta ampunan dari Surga serta dari semua makhluk hidup atas semua luka yang telah kita perbuat terhadap mereka. Setelah itu kekuatan kolektif, kekuatan positif, serta kekuatan cinta kasih dari seluruh dunia akan menghalau kegelapan yang datang menuju kita, yang berada di hadapan kita sekarang.

Jadi, untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi saat ini, kita harus membalikkan tindakan-tindakan kita. Kita harus berbuat baik terhadap sesama penghuni Bumi. Daripada memberi polusi pada planet dan udara, kita harus beralih ke energi yang ramah lingkungan dan energi yang berkelanjutan. Dan daripada menebang pohon, kita seharusnya menanam pohon kembali, memelihara lingkungan apapun yang kita miliki. Dan daripada membunuh, menyembelih, serta mengorbankan hewan secara besar-besaran, kita seharusnya memperhatikan mereka, berbuat baik kepada mereka, dan memelihara mereka. Hanya membalikkan tindakan-tindakan kita. Kita sebagai penduduk Bumi harus bersama-sama memberitahu pemerintah apa yang kita inginkan. Kita semua dapat menulis sesuatu kepada pemerintah. Kita harus memahami bahwa pemerintah juga mempunyai masalahnya sendiri. Tapi tidak ada masalah yang lebih besar daripada menyelamatkan hidup kita dan generasi yang akan datang. Jika setiap orang menyadari hal ini, maka kita akan melepaskan hal lainnya. Kita harus mengubah semua yang tidak berguna bagi kita, semua yang tidak baik kita, dan tidak kondusif bagi kehidupan kita serta generasi yang akan datang. Kita harus menghentikannya, jatuhkanlah seperti kue yang panas, seperti kentang yang panas – karena itu dapat membakar Anda. Tidak masalah apa yang dikatakan orang lain, tidak masalah berapa banyak Anda kalah, Anda harus jatuhkan piring yang panas, karena itu menyakiti Anda.

Pemanasan global seperti lempengan panas, lempengan mendidih di atas besi panas! Kita harus mengurusnya. Jika pemerintah tidak peduli, rakyat harus peduli. Hindarilah konsumsi semua produk hewani. Setelah itu tidak ada orang yang akan beternak lagi dan tidak ada orang yang akan membunuh mereka lagi.  Lalu kita akan menghentikan efek merusak secara fisik dari peternakan hewan yang merupakan penyebab nomor satu dari perubahan iklim. Inilah cara kita dapat berkontribusi sebagai individu. Kita dapat mengubahnya segera, tidak perlu menunggu pemerintah. Tidak perlu hanya duduk dan saling menyalahkan.

Tapi itu tergantung pada setiap orang untuk memilih apa yang mereka kehendaki. Kita mempunyai kehendak bebas. Jadi, kita hanya bisa memberitahu, kita hanya bisa memberikan opini kita, tetapi semua orang harus melakukannya, karena mereka memiliki kebijaksanaan, mereka memiliki pemahaman. Hanya saja mereka harus memilih untuk mempergunakannya. Saat ini masih kurang cepat karena ini sangat mendesak. Pemeliharaan ternak dan pembunuhan terhadap hewan-hewan akan menjadi pembunuhan bagi diri kita sendiri dan generasi berikutnya. Itulah faktanya. Hal yang sejenis menarik yang sejenis; apa yang kita tabur, itulah yang akan kita tuai. Bahkan tidak perlu membicarakan tentang hal lain; itu faktanya.

Jadilah Vegetarian untuk Mengerem 80% Pemanasan Global

Semua masalah polusi dan lingkungan telah diciptakan oleh manusia. Ini karena manusia tidak hidup sebagai pemelihara dari semua makhluk hidup; sebaliknya kita hidup menurut hukum rimba. Yang terpenting adalah kita harus hidup bermoral, penuh kasih dan kepedulian. Jadi, apa yang mulia dan baik, harus segera kita lakukan. Apa yang jelek dan buruk, langsung dihentikan.

Jadi, saat ini, apa yang baik untuk planet kita adalah pola makan vegetarian, teknologi baru, energi baru, dan penghijauan. Lakukan itu. Kita harus usahakan yang terbaik. Apa yang buruk bagi planet kita adalah kekerasan, perang, pembunuhan, dan semua isu tak bermoral. Hentikan itu. Ini sangat mudah. Tetapi ini adalah pilihan setiap individu. Mereka perlu kekuatan; mereka perlu keberanian untuk melakukan itu. Cukup mengubah kebiasaan mereka. Cukup mengubahnya. Itu tidak akan mencelakai kita; itu tidak akan berakibat buruk terhadap kita. Jadi apa yang baik harus kita lakukan; apa yang buruk harus kita hentikan. Jika setiap orang tidak menyadari akan mendesaknya pemanasan global maka mereka harus mempelajarinya. Mereka harus melakukan riset di internet. Mereka harus mencari di situs-situs atau buku-buku pemanasan global. Ada banyak informasi terkini dan bukti dari pemanasan global dan bagaimana solusinya.

Kita dapat mengerem pemanasan global hingga 80%. dengan menghindari berbagai produk hewani. Setelah itu, jika kita belum cukup cepat mengembangkan teknologi, kita masih dapat mengendarai semua mobil kita karena CO2 tidak seburuk peternakan yang mengakibatkan polusi paling hebat. Konsumsi daging terlalu banyak dapat membunuh orang, hewan, dan planet kita, kita harus menerima akibat buruk dari kelakuan kita. Sangatlah buruk membunuh siapa pun atau membunuh hewan apapun; hal ini dapat menghasilkan akibat yang sangat buruk yang kelak akan kembali ke diri kita.  Itulah keadaannya. Karena CO2 bukan hanya dari mobil; CO2 juga ada di laut. Dan begitu laut menjadi panas, gas itu akan dikeluarkan. Semua ini mempunyai bukti ilmiahnya. Carilah pada semua sumber informasi. Jika kita tidak bisa menemukan itu maka buku ini telah menyediakan bukti itu untuk kita semua.

Itulah sebabnya kita harus menjalankan pola makan vegetarian. Itu adalah kode moral menjadi seorang manusia. Itu adalah sifat seorang manusia agung. Ini sangat mudah untuk dilakukan, terutama sekarang ini ada segala jenis cara untuk melakukannya. Polusi daging tidak saja menyebabkan emisi gas beracun paling besar ke dalam atmosfer planet, tapi ada banyak biaya-biaya lainnya. Karena jika kita terus melipatgandakan hewan maka mereka akan menghasilkan gas yang berlipat ganda ke dalam udara. Tapi gas metana dari hewan bukan hanya satu-satunya kerusakan yang ditimbulkan. Ada biaya lain dari konsumsi daging seperti biaya energi untuk transportasi, biaya energi listrik, biaya pemborosan air, biaya bahan bakar, biaya pemanfaatan sumber tanah, biaya pengundulan hutan, biaya medis sehubungan dengan penyakit, dan biaya belasungkawa serta kesedihan dari mereka yang kehilangan orang yang dikasihinya karena panyakit-penyakit yang berhubungan dengan pola makan daging. Dan karena kita menggunakan panen untuk memberi makan hewan piaraan daripada memberi makan langsung kepada manusia, ada lagi biaya perang dan kelaparan dunia karena kekurangan makanan dan sumber daya lainnya.  Jumlahkan itu semua dan kita akan mengetahui jawaban yang sebenarnya.

Selain itu, bukan hanya pemanasan global yang sedang kita hadapi. Jika kita tidak bermoral, maka kita harus menerima akibat buruk yang lain, misalkan nanti mungkin ada noda-noda hitam Matahari yang dapat meledak dan kali ini mungkin lebih besar, atau komet yang mungkin menabrak Bumi, atau bahkan mungkin ada letusan seperti gunung berapi dari tengah samudra yang akan meledakkan semuanya. Jadi, itu bukan masalah teknologi atau mesin yang harus kita konsentrasikan. Itu adalah akibat dan retribusi yang harus kita perhatikan. Biaya dari pembunuhan atau kekerasan jauh lebih buruk dari meledaknya Matahari atau laut apapun digabungkan bersama-sama, karena kita harus bertanggung jawab atas tindakan-tindakan kita. Setiap tindakan menimbulkan reaksi balasan. Kita harus menghentikan pembunuhan. Kita harus menghentikan pembunuhan hewan dan manusia. Kita harus menghentikan itu. Lalu segalanya akan menjadi sangat jelas dengan seketika. Setelah itu kita akan menemukan teknologi yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah iklim, dan bahkan Matahari akan berhenti meledak. Ledakan di lautan mungkin akan berhenti. Badai akan berhenti. Angin topan akan tenang. Gempa bumi akan hilang. Semuanya akan berubah menjadi hidup yang damai karena kita menciptakan perdamaian lalu kita akan memiliki perdamaian, bukan saja di antara manusia tetapi di antara sesama penghuni Bumi.

Ada banyak penyebab yang membuat energi negatif ke dalam atmosfer planet kita, dan Anda tahu ini. Saat kita masuk ke suatu ruangan dan ada orang yang saling membenci atau ada orang yang membenci Anda, Anda dapat merasakan energinya seperti irisan pisau. Saat kita berjalan masuk ke dalam pesta yang indah dan gembira, kita akan merasakan energi yang hidup dan energi  bahagia. Itulah yang menyebabkan kebahagiaan atau kesedihan hidup, energi negatif atau energi positif. Jadi pola makan vegetarian sangat murah hati, itu akan memberi Anda energi gembira dan selanjutnya akan menghasilkan lebih banyak kebahagiaan yang akan menarik lebih banyak kebahagiaan, dan saat Anda bahagia, semuanya akan menjadi lebih baik. Anda berpikir lebih baik, Anda bereaksi lebih baik, dan hidup Anda menjadi lebih baik. Anak-anak Anda akan menjadi lebih baik, segalanya akan menjadi lebih baik.

Daging adalah Zat yang Beracun

Zaman sekarang, segelintir orang yang disebut dokter masih sangat cenderung pada teori lama bahwa orang membutuhkan daging untuk bertahan hidup. Tetapi Anda bisa menemukan banyak buku yang mengungkapkan riset yang dilakukan oleh dokter-dokter lain yang mengatakan bahwa protein daging berbahaya, beracun, dan tidak baik bagi tubuh. Dokter-dokter ini telah membuktikan seribu satu persen kebenarannya. Sebenarnya, banyak orang yang sembuh dari penyakit setelah memulai pola makan vegetarian. Apakah kita cukup berani mendengar teori yang lain? Dari sekian banyak penyakit berbahaya, semuanya disebabkan oleh konsumsi daging. Tetapi kita semua masih terhipnotis dan bahwa daging sangat penting bagi kita. Tetapi itu tidak benar.

Saat ini kita dikelilingi oleh pangan yang beracun bagi tubuh kita. Ketika kita terekspos dengan pangan semacam ini, keseimbangan mikro organisme dalam tubuh kita akan terganggu dan kita harus berjuang dengan mikro organisme ini yang mengisi separuh dari organisme di dunia. Penyakit yang akhirnya bisa menjangkiti kita adalah alergi, pembesaran limpa, asma, gangguan saraf, dan perkembangan (ADHD), yang kejadiannya sudah tiga kali lipat dibandingkan 20 tahun lalu. Tekanan darah tinggi, kanker, dan kencing manis juga sudah tiga kali lipat. Masalah yang muncul di Indonesia termasuk flu burung dan mikroba antibiotik, semua disebabkan oleh pangan beracun.

Perlu diadakan pemeriksaan terhadap makanan beracun ini. Pertama adalah bahan kimia yang digunakan dalam proses makanan dan pengepakan. Kedua adalah kelebihan dosis antibiotik yang diberikan pada hewan ternak di pabrik peternakan. Ketiga adalah penggunaan pestisida yang berlebihan. Keempat adalah bahan pangan dengan rekayasa genetika serta daging sapi yang tercemar oleh panyakit sapi gila. Selain itu, daging juga terkait dengan pemanasan global, gas metana, dan masalah karbon dioksida yang mengakibatkan masalah kesehatan anak-anak serta kelangsungan hidup manusia. Kita dapat menyimpulkan masalah kompleks ini menjadi satu solusi sederhana, yakni vegetarisme. Walaupun kita masih memerlukan pendekatan yang lebih luas. Misalkan kita harus melakukan pendekatan pertanian yang berkelanjutan dan kita harus mengubah pola pikir kita. Kita harus mengubah paradigma makanan kita. Kita perlu mendidik masyarakat bahwa melalui pilihan makanan kita bisa menyelamatkan diri kita.

Sepertinya kebanyakan dari kita sulit menghindari daging, tetapi ketahuilah bahwa daging adalah zat yang beracun. Sekarang kita dapat melihat banyak orang yang memprotes impor daging yang mungkin mengandung penyakit sapi gila. Daging ini mungkin digunakan dalam makanan kita. Itu sebabnya mereka mengadakan protes karena mereka tidak ingin makan daging sapi gila. Protes tersebut menunjukkan bahwa kebanyakan orang sudah mulai memperhatikan lingkungan dan kesehatan.

Bahkan telur dan susu berbahaya karena berasal dari hewan. Hewan tersebut sudah diberikan bahan kimia, segala macam hormon yang membuat anak-anak bermasalah. Jadi, jika sifat anak-anak tidak sesuai dengan keinginan kita, tolong jangan salahkan mereka saja. Mereka terlahir baik, tidak berdosa dan manis. Mereka dibesarkan oleh kita dan kita tidak memberikan mereka kebaikan yang sepantasnya, perhatian yang sepantasnya atau standar moral yang sepantasnya mereka terima, karena kita sebagai orang tua juga tidak diberikan pelajaran baik ini.

Saat ini, ada kecenderungan yang mendunia bahwa setiap orang mengetahui bahwa pola makan vegetarian sangat baik dan pola makan daging sangat merugikan. Mereka menarik kembali jutaan kilogram, jutaan unit daging karena dampak yang merugikan di mana-mana di dunia ini. Sampai hari ini, ada banyak negara di dunia yang melakukan itu. Jadi, dapatkan bukti-buktinya dari berbagai sumber. Kita tidak pernah tahu apa yang kita makan. Lebih baik memilih pola makan yang sehat. Kita tidak tahu apakah daging itu sehat atau tidak. Pemerintah sesungguhnya tidak dapat mengawasi setiap potong daging yang ada di pasar. Kita dapat menemui ada banyak lubang di mana-mana, juga terjadi pembusukan. Orang-orang biasanya menutup mata dari semua itu atau menganggap bahwa daging itu pasti aman. Kita baru bicara dari sudut kesehatan.

Jika kita benar-benar mencintai anak kita maka kita akan memberikan yang terbaik bagi dirinya. Dan jika kita tahu apa yang buruk atau beracun bagi anak kita seperti rokok, alkohol, obat-obatan terlarang, dan daging, kita tentu akan menjauhkannya dengan segala upaya. Jadi, sekarang kita harus mengubah arah sejarah. Pola makan vegetarian adalah pola makan yang terbaik untuk semua orang dan dari segala usia. Sedangkan pola makan daging, telur, dan susu tidak baik bagi kita.

Protein Nabati Menyehatkan Jasmani dan Rohani

Kita sebenarnya bisa. Kita dapat menyingkirkan potongan daging tersebut dan menggantikannya dengan protein dari jenis sayuran. Zaman sekarang, makanan vegetarian tersedia di mana-mana, sangat sederhana. Walaupun makanan tidak tersedia, segala macam kacang-kacangan, beras, dan polong-polongan, karena semua orang tahu bahwa kacang kedelai mengandung protein yang sangat tinggi dan dapat membuat hidup kita jauh lebih nyaman, sehat, bijaksana, serta mengangkat dari segi rohani. Kita harus mulai mengonsumsi makanan yang lebih ramah lingkungan.

Kadang sungguh tidak dapat dimengerti mengapa begitu sulit bagi pemerintah atau orang tua untuk mengubah kebiasaan mereka dan berhenti memberikan zat beracun kepada anak-anak mereka. Kita semua pasti ingin agar anak-anak kita sehat. Jadi, kita harus melakukan penelitian apa racun yang ada di dalam daging. Carilah semua data mengenai bagaimana baiknya pola makan vegetarian dan semua fakta mengenai bagaimana buruknya pola makan daging. Kita harus berikan mereka fakta-faktanya, kita tidak bisa hanya mengatakan kepada orang-orang, “Oke, jadilah vegetarian. Itu bagus bagi Anda.” Kita harus membangkitkan kecerdasan dan rasa ingin tahu mereka, kita harus memberikan mereka semua bahan yang meyakinkan dan benar, lalu mereka bisa memutuskan bersama. “Baik, kita memilih pola makan ini.” Lalu sebagian besar orang akan memilihnya.

Sederhana saja. Berikan saja mereka makanan terbaik, lalu segala sesuatu lainnya akan datang dengan sendirinya. Kita akan melihat manfaatnya. Dan jika tidak bermanfaat, kapan saja kita bisa kembali ke pola makan daging lagi. Tetapi dari berbagai penelitian kita dapat yakin bahwa suatu hari para orang tua dan guru yang bijaksana akan menyukai pola makan vegetarian yang menyehatkan jasmani dan rohani. Kita akan melihat kemajuan anak-anak kita dalam segala aspek kehidupan, bukan hanya kesehatan tetapi kepintaran, vitalitas, dan kedamaian dari sifat mereka. Rasa cemas kita tentang sikap anak-anak kita yang keras akan berkurang. Mereka adalah masa depan kita. Pemerintah bisa melakukan atau tidak melakukannya, tetapi orang tua dapat memilihnya.

Lindungi Anak-anak, Informasikan Mereka tentang Pemanasan Global

Lingkungan pendidikan kita harus memupuk welas asih dalam diri anak-anak terhadap orang-orang miskin dan lemah, termasuk hewan. Sistem pendidikan kita perlu ditata untuk lebih memperhatikan planet kita, sesama penghuni Bumi, serta memperkenalkan solusi terhadap masalah yang dihadapi planet kita sekarang ini melalui pendidikan. Sekolah-sekolah harus menerapkan satu set kurikulum pengajaran yang meningkatkan kualitas kehidupan para murid. Sebagai contoh, ada sekolah yang pergi ke alam dan merawat kebun-kebun sekolah selama satu atau dua bulan sekali. Namun, karena demi reputasi akademik, tes masuk, dan kompetisi berlebihan di lingkungan sekolah, sangat sulit untuk mengadakan mata pelajaran pemanasan global dan kegiatan-kegiatan hijau di dalam sistem pendidikan sekolah-sekolah. Dalam masyarakat, orang-orang juga tidak mempedulikan hal itu.

Tetapi ketahuilah bahwa apa yang lebih penting di waktu yang mendesak ini adalah melindungi anak-anak kita terlebih dahulu. Melindungi hidup mereka di atas hal lainnya, karena jika mereka tidak memiliki hidup mereka, bahkan jika mereka berpendidikan tinggi, itu akan memboroskan waktu para guru. Jadi, sebagai guru, kita harus bijaksana, dan semua guru harus bijaksana serta menjadi pemimpin dari anak muda yang bergantung kepada para guru. Para guru harus lebih mendorong mereka untuk menjalani hidup yang lebih baik agar mereka mengetahui apa yang penting saat ini, bukan hanya kurikulum standar saja, karena kita tidak berada dalam situasi normal lagi. Situasi telah berubah dan memerlukan penerapan yang berbeda. Sangatlah baik jika kita membawa para murid keluar ke alam. Tetapi bawa mereka juga ke rumah jagal. Biarkan mereka melihat kekejaman terhadap hewan dimana mereka diperlakukan secara tak manusiawi, secara kejam. Bawa mereka ke area lingkungan yang tercemar. Biarkan mereka mengetahui akibat dari itu. Biarkan mereka tahu tentang fakta-fakta pemanasan global.

Biarkan mereka menyadari semua itu. Ajak semuanya, mereka harus tahu. Mereka adalah murid-murid kita. Kita harus mengajar mereka apa yang penting. Misalkan saat berjalan di alam dengan murid-murid, lalu mendadak ada bahaya yang terjadi. Situasi di jalan sudah tidak normal lagi. Situasinya bukan santai lagi, mendadak terjadi bahaya. Jadi, apa yang akan kita lakukan? Kita harus langsung memberitahu mereka bagaimana bereaksi. Kita tidak boleh terus berjalan seperti yang biasa kita lakukan bersama para murid. Jadi hal yang sama terjadi saat ini. Rumah kita sedang kebakaran. Planet kita sedang dalam bahaya. Kita harus memberitahu mereka. Kita harus mengambil tindakan segera. Beritahu mereka apa yang harus dilakukan. Tuntun mereka menuju hidup yang lebih baik. Kita orang tua dan guru adalah panutan mereka dan mereka akan berterima kasih kepada kita.

Tetapi pada kenyataannya, sekolah tidak ditata sedemikian rupa. Anak-anak kita dikekang dalam hal ruang dan waktu dengan sistem pendidikan yang ada sekarang. Mereka dipaksa menyelesaikan kurikulum mereka tanpa memikirkan hal di luar itu.

Dari Segala Cara untuk Menyelamatkan Planet, Gaya Hidup Tanpa Produk Hewani Adalah yang Terbaik

Ada banyak cara untuk menanggulangi pemanasan global dan perubahan iklim, seperti menggunakan energi yang berkelanjutan, menanam lebih banyak pohon, menghemat energi di mana saja yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Tetapi yang terpenting adalah tidak menggunakan produk hewani.

Karena pola makan vegetarian sudah mencakup aspek moral, etika, ilmiah, dan jasmani. Bukan hanya karena manfaat moral, etika atau jasmani, tapi karena ini merupakan cara termudah bagi kita untuk ikut serta dalam menyelamatkan planet. Bahkan sebelum pemerintah melakukan sesuatu, sebelum pengembangan teknologi tersedia, kita dapat menghentikan pemanasan global jika kita menarik kembali potongan daging itu dan menggantikannya dengan sepotong protein vegetarian yang kelihatannya mirip, rasanya mirip, dan bahkan lebih baik dalam segala hal – bagi kesehatan kita, bagi jiwa kita, bagi kecerdasan kita, dan bagi kehidupan kita. Jadi, jika semua orang bergabung dan menjadi vegetarian, maka hal ini akan menjadi cara yang terbaik dan tercepat untuk menyelamatkan planet. Selain itu semua orang bisa melakukannya tanpa perlu menunggu, kita dapat melakukan bagian kita sebagai individu sekarang juga.

Jika kita dapat mengembangkan teknologi yang lebih baik dan memproduksinya cukup cepat untuk kita gunakan, maka ini sangat baik. Tapi pola makan vegetarian, kita harus memulainya saat ini juga untuk berjaga-jaga jika saja teknologi ramah lingkungan akan datang terlambat serta menghindari akibat buruk konsumsi daging bagi kesehatan, moral, dan Bumi kita.

Karena itu, perubahan gaya hidup kita sangatlah penting. Itu berarti kita harus lebih sering menggunakan transportasi umum, berjalan kaki, menggunakan sepeda, menggunakan peralatan yang hemat energi, mencabut colokan listrik saat tidak memakainya, dan hanya membeli barang yang benar-benar diperlukan. Ini adalah langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan oleh setiap individu untuk menyelamatkan planet yang indah ini. Tetapi perubahan yang paling penting adalah berhenti makan daging!

Untuk informasi lebih banyak mengenai masalah yang diangkat dalam artikel ini, kunjungi :  http://www.perubahaniklim.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: